Monday, November 27, 2017

Mengenal Rustam Kutuev, Finom Departemen Pengembangan Bisnis

 
"Pertambangan Cryptocurrency sangat menguntungkan, saya bisa dengan mudah menjual semua bisnis saya," sebuah pengalaman, tentang $90 000 yang berubah menjadi 10 kali lipat hanya dalam waktu satu tahun.

Rustam Kutuev, pendiri dari Pride Games Game Studios dan pertanian pertambangan (Mining Farm) di Rusia, memiliki dua toko perbaikan mobil dan layanan penyewaan mobil. Dia  juga memiliki bisnis untuk mengekspor pil bahan bakar ke Eropa, tetapi sekarang dia memiliki passion baru dalam duni pertambangan mata uang crypto. Dalam Finom, Rustam saat ini bertanggung jawab dalam Departemen Pengembangan Bisnis (Business Developer).
Silahkan anda baca tentang pengalaman Rustam kutuev untuk mengetahui lebih lanjut tentang prospek pusat data pertambangan (mining data centre) dan kompleksitas yang timbul ketika mengelola pertanian pertambangan (mining farm) sendiri.

Hal Itu mahal dan sulit untuk memulai pertambangan mata uang kripto pada tahun 2016

Kembali ke 2012, salah satu teman SMA saya memberi tahu tentang Bitcon. Sebelumnya, rekan kerja teman saya memulai bekerja menambang mata uang kripto, dan pada tahun 2015, ketika Ethereum hadir, dia membuat pool pertambangan (mining pool) yang disebut Nanopool. Meskipun ini semua terjadi, saya merasa belum tertarik dalam pertambangan mata uang kripto sampai  tahun lalu.  Hal ini sulit untuk dijelaskan, bagaimanapun juga dalam berinvestasi ada biaya yang dikeluarkan, apakah dapat menutup semua biaya, apakah pemerintah akan ikut campur tangan dalam proses, atau menyatakan bahwa cryptocurrency ilegal.

Segalanya berubah bagi saya, pada Agustus 2016. Selama perjalanan bersama, teman saya meyakinkan untuk membuat pertanian pertambangan (mining farm)
Kami memutuskan bahwa jika suatu hari pertambangan akan dianggap ilegal, kita bisa menjual kartu grafis untuk gamer untuk mendapatkan kembali setidaknya sebagian dari investasi kami.

Namun, hal baru ini ternyata lumayan berhasil, kami mulai menghasilkan keuntungan dengan cepat. Pada waktu itu, pertambangan mata uang kripto akan menghasilkan kami 15 persen per bulan dari dana investasi. Hal tersebut sulit, untuk memulai pertambangan pada tahun 2016, saya harus menginvestasikan banyak uang.

Pada waktu itu, omset bisnis sebesar 4 juta dolar per tahun, sehingga saya mampu untuk berinvestasi $90 000 tanpa mengorbankan kesejahteraan materi saya.
Kami menggunakan uang ini untuk membeli peralatan, maka kami menyewa (ruangan) industri lokal pertama di St Petersburg, akan tetapi kemudian kami memutuskan untuk pindah ke Leningrad Region untuk menghemat tagihan biaya  listrik kami, dan memulai pertambangan (mining).

Anda tidak bisa hanya membeli senilai kartu grafis (VGA) dengan total $90 000 disatu tempat/ toko,
Kami menghabiskan dua bulan dan bepergian melintasi Rusia untuk membeli kartu grafis yang kami butuhkan. Anda  tidak bisa hanya datang ke satu toko dan mendapatkan GPU dengan total dana 5 juta dolar. Karena tidak mungkin menemukan banyak kartu grafis (VGA) di mana saja. Saat ini, Anda dapat menghabiskan jutaan dolar untuk mendapatkan (Mining Rig) rig pertambangan yang sudah tersedia / sepaket (rig berisi 5 – 7 kartu grafis yang digunakan untuk sistem pertambangan komputer) dari Cina. Ini hanya membutuhkan waktu 30 hari, menggunakan pengiriman kapal.

Butuh waktu satu tahun untuk  menyesuaikan industri pertambangan untuk memenuhi kebutuhan semua penambang. Kembali lagi, hanya penambang amatir/ pemula dalam cryptocurrency. Hanya di Cina, cryptocurrency / mata uang kripto ditambang secara profesional.


Kami membeli 250 kartu grafis (VGA) Radeon RX 470, yang pada saat itu merupakan kartu grafis termurah dan paling mudah, untuk memulai dan mengumpulkan (mining rig) rig  pertambangan. Pada saat itu pertambangan secara pribadi tidak  menguntungkan, sehingga dari awal kami bergabung dengan Nanopool.

Kami secara pribadi, kami menyadari bahwa semua orang di pool mining merupakan tim itu sebabnya kami memutuskan untuk bergabung. Mempercayai sebuah (mining pool) pool tambang sangat penting karena semua yang didapatkan penambang (miner) akan mendapatkan reward / pembayaran dari pekerjaan dan kontribusi penambang dalam memecahkan blok melalui mining pool, dan yang terakhir selanjutnya mining pool mendistribusikan pembayaran kepada penambang (Miner).

Setiap pengguna memiliki kontribusi yang berbeda untuk memecahkan blok, sehingga reward/ pembayaran yang dibagi di semua node dalam jaringan, berbeda-beda tergantung pada kemampuan mereka memecahkan blok. Pool pertambangan (Mining pool) yang berlaku curang atau tidak jujur dapat menyimpan semua koin yang ditambang bagi pool itu sendiri dan tidak pernah membayarkan reward koin kepada para anggota penambangnya (miner).

"Anda tidak bisa membayar pajak terhadap sesuatu yang tidak ada"

Di Rusia, pertambangan cryptocurrency tidak diperbolehkan atau dilarang. Pada 2017, pemerintah menjadi lebih perhatian terhadap hal tersebut. Ada laporan dari pusat-pusat bisnis yang lengkap untuk pertanian pertambangan (mining farm) di satu media, yang berarti itu  diperbolehkan. Setelah hukum yang relevan dibuat, kami akan menjalankan kegiatan kami sesuai dengan aturan tersebut. Saya berharap bahwa undang-undang baru ini akan memperhitungkan setiap aspek pertambangan.

Situasi terhadap pajak juga tidak jelas, sehingga tidak ada yang membayar pakak pertambangan cryptocurrency.  Anda tidak dapat pajak untuk sesuatu yang tidak ada. Jika cryptocurrency di Rusia akan sama dengan barang-barang, maka mungkin saya percaya. Namun demikian, bagaimana anda akan mengetahui berapa banyak pendapatan yang diterima atau didapatkan oleh penambang ?

Mungkin, pemerintah akan memperkenalkan sesuatu seperti pajak penghasilan yang diperhitungkan pertambangan skala besar (mining farm). Saya dulu memiliki armada mobil, dan tidak peduli berapa banyak uang yang saya peroleh, baik itu satu dolar atau satu juta, saya akan membayar $100 untuk setiap mobil yang saya miliki. Anda hanya dapat menghitung perkiraan pendapatan dari sebuah pertambangan tertentu dan mengurangi persentase dari itu. Namun, hal ini bekerja hanya dapat dilakukan pada pertambangan berskala besar (mining farm).
Jika seseorang memiliki sebuah mining farm dengan jumlah kartu grafis 5 – 7, maka tidak akan terlibat dalam perpajakan. Anda bisa membandingkan seperti perpajakan pada taksi yang berjalan secara legal.

Dibeberapa titik, disahkan hukum transportasi penumpang, dan driver diwajibkan untuk mendapatkan lisensi, tampaklah taksi terakhir di aplikasi, dan sekarang tidak ada calon penumpang yang berdiri di sisi jalan dengan jempol atau tangan mereka keluar / mengacungkan tangan seperti sebelumnya, saat ini orang-orang cukup membuka aplikasi, cotohnya grab car. Seiring waktu, pertambangan juga akan mendapatkan bentuk peraturan yang lebih baik.

Pemerintah akan mendapatkan keuntungan dari itu. Ada sejumlah besar kapasitas listrik yang tidak terpakai di Rusia. Jika digunakan untuk pertambangan, pendapatan dari pertambangan cryptocurrency jika termasuk kedalam pajak tambang akan lebih tinggi jika dibandingkan dari pendapatan penjualan listrik kepada konsumen/ masyarakat umum.

Nantikan, lanjutan pengalaman dari Rustam Kutuev yang akan penulis rilis dalam blog ini. 


Baca juga, TimFinom Mengikuti Event Accelerating Blockchain Tech di Beijing, Shanghai China

Ikuti terus informasi kami tentang dunia kripto dan orang-orang yang bekerja didalamnya. Follow Twitter kami, Facebook FINOM Company, dan kunjungi Website Finom Company



No comments:

Post a Comment